RAPAT PLENO TPAKD KABUPATEN KLUNGKUNG SEMESTER I TAHUN 2022

Jumat, 22/7/2022
RAPAT PLENO TPAKD KABUPATEN KLUNGKUNG SEMESTER I TAHUN 2022
Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Semester I Tahun 2022 Kabupaten Klungkung di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, Ir. I Gede Putu Winastra, M.Ma dan dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Klungkung. Rapat Pleno TPAKD Kabupaten Klungkung dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2022 yang dihadiri oleh OJK, Perwakilan BI, Perwakilan Direktorat Jendral Perbedaharaan, Perwakilan Bank BPD Bali, Pegadaian, BPS, OPD terkait, Perwakilan Universitas Udayana dan Universitas Warmadewa serta 3 perwakilan KUD yang ada di Kabupaten Klungkung.
Pemerintah Kabupaten Klungkung telah melaksanakan Inklusi Keuangan sebagai bagian dari program kebijakan nasional dengan membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Klungkung. TPAKD merupakan forum bagi lembaga pemerintah dalam mendorong perluasan akses keuangan daerah melalui implementasi program keuangan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan rapat pleno TPAKD membahas pencapaian target kinerja program TPAKD Kabupaten Klungkung semester I Tahun 2022 dan kendala dalam pencapaian target program TPAKD. Kegiatan program TPAKD Kabupaten Klungkung untuk Meningkatkan Perekonomian dan Ketahanan Pangan Daerah melalui Pengembangan Inovasi Bima Juara (Beli Murah Jual Mahal) terimplementasi dalam program kegiatan pada OPD teknis terkait dan berkolaborasi dengan jasa lembaga keuangan formal dengan sasaran percepatan pemanfaatan produk layanan keuangan digital. Secara umum kinerja pencapaian program sudah sesuai dengan rencana target program namun masih perlu dioptimalkan kegiatan meningkatkan pemanfaatan layanan digital.
Program TPAKDKabupaten Klungkung tahun 2022 lebih fokus pada optimalisasi produk layanan keuangan daerah dalam strategi pengembangan inovasi BIMA JUARA melalui peningkatan peran serta KUD, kelompok petani subak dan UMKM di Kabupaten Klungkung.

Salam Gema Santi

Leave a Comment