MONITORING PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PAKET PEKERJAAN FISIK DI KABUPATEN KLUNGKUNG

  1. PENDAHULUAN

Pembangunan merupakan hasil dari kegiatan program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah untuk menunjang percepatan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan  masyarakat. Beragam usaha terus dikembangkan dalam upaya pencapaian tujuan dan sasaran pelaksanaan pembangunan daerah, salah satunya melalui kegiatan  pengendalian pelaksanaan pembangunan.

Kegiatan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah kabupaten/kota; sebagai bentuk tindak lanjut dari amanat Pasal 276 ayat (4) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan bahwa Bupati/Walikota  melakukan pengendalian dan evaluasi terhadap pembangunan daerah kabupaten/kota. Dalam kaitan tersebut, maka tugas dan wewenang pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, telah dibagi habis berdasarkan aspek kewenangan pemerintah pusat dan daerah antara Menteri Dalam Negeri dengan Gubernur dan Bupati/Walikota.

Salah satu tugas pokok dan fungsi  Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Klungkung adalah mengkoordinasikan dan memfasilitasi pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan daerah untuk menjamin pelaksanaan pembangunan daerah sesuai dengan rencana pembangunan yang sudah di tetapkan. Upaya pengendalian pelaksanaan pembangunan daerah yang telah direncanakan dilakukan melalui kegiatan monitoring dan evaluasi  secara berkhala.

Kegiatan Monitoring adalah kegiatan mengawasi perkembangan pelaksanaan rencana pembangunan, mengidentifikasi serta mengantisipasi permasalahan pelaksanaan pembangunan yang terjadi untuk dapat diambil tindakan korektif sedini mungkin. Kegiatan monitoring pelaksanaan pembangunan daerah dilakukan melalui kegiatan yang bersifat koordinatif dengan OPD terkait secara kontinyu dan pemantauan progres pelaksanaan kegiatan fisik pembangunan secara berkhala. Kegiatan monitoring sebagai upaya mengawasi dan pengelolaan pelaksanaan pembangunan daerah secara efisien, efektif, akuntabel dan menjamin transparansi. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, maka kegiatan monitoring pelaksanaan rencana pembangunan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung secara kontiyu menjadi suatu  kebutuhan dan upaya strategis untuk mengawasi perkembangan progres pelaksanaan pembangunan sehingga output dan outcome-nya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Pelaksanaan monitoring pelaksanaan pembangunan daerah akan memberikan gambaran an informasi perkembangan progres  pelaksanaan pembangunan secara kontinyu (terus menerus) dan identifikasi permasalahan yang dihadapi sehingga pelaksanaan pembangunan daerah sesuai dengan dokumen  perencanaan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Klungkung.

 

  1. TUJUAN DAN SASARAN PELAKSANAAN MONITORING
  2. Tujuan Monitoring.
  3. Mendapatkan informasi mengenai perkembangan pelaksanaan kegiatan pembangunan paket pekerjaan fisik pembangunan daerah pada Tahun 2021.
  4. Mengidentifikasi dan menginventarisasi permasalahan dari aspek administrasi dan teknis serta upaya-upaya pemecah/tindak lanjut yang dilakukan.
  5. Untuk melakukan kroscek pengendalian kegiatan administrasi dengan hasil kemajuan fisik di lapangan.
  6. Sasaran Monitoring.

Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan paket kegiatan pembangunan daerah Tahun 2021 agar dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai rencana.

 

  1. WAKTU PELAKSANAAN

Hari/tanggal          : Senin,  27 September 2021

Pukul                     : 10.00 Wita – selesai

Lokasi                    : Di Kecamatan Klungkung, Kecamatan Banjarangkan dan  Kecamatan

Dawan

 

  1. HASIL MONITORING
    1. Paket yang dimonitoring

Peket pelaksanaan pembangunan fisik yang menjadi sasaran kegiatan monitoring dan evaluasi sebanyak 12 paket kegiatan yang tersebar di 3 (tiga) kecamatan yaitu Kecamatan Banjarngkan, Klungkung dan Kecamatan Dawan

  1. Progres Pelaksanaan Kegiatan

Berdasarkan pada hasil monitoring terhadap 12 paket pelaksanaan pembangunan pekerjaan fisik pembangunan daerah menunjukkan bahwa pelaksanaan paket fisik pembangunan daerah yang sesuai dengan rencana target pelaksanan sebesar 91.67 %, dan paket kegiatan yang tidak sesuai dengan target rencana kegiatan sebesar 8.33 % seperti daftar dibawah ini:

  1. Paket pekerjaan yang sesuai dengan Target rencana :
  2. Rehabilitasi Peningkatan Jaringan Irigasi D.I. Giri
  3. Pengadaan bahan material untuk pembangunan jalan lingkar dawan dalam rangka karya bakti kodim 1610
  4. Pengadaan sewa alat untuk pembangunan jalan lingkar dawan dalam rangka karya bakti kodim 1610
  5. Pekerjaan Pagar Pengaman Jalan dan Rambu lalu Lintas (Rambu Peringatan) di jalur Besang – Manduang dan Manduang – Aan di Kecamatan Klungkung
  6. Rehabilitasi Ruang Kelas SDN 1 Bungbungan ( 3 ruang)
  7. Pembangunan Ruang Guru SDN 1 Bungbungan
  8. Rehabilitasi Ruang Kelas SDN 1 Nyalian
  9. Rehabilitasi Kantor Administrasi UPTD SPNF SKB Kab. Klungkung (DAK Fisik SKB)
  10. Rehabilitasi Ruang Kelas SMPN 3 Semarapura
  11. Rehabilitasi Ruang Lab. IPA SMPN 1 Dawan
  12. Belanja modal bangunan gedung tempat pendidikan Pembangunan gedung TKN Gema Santi
  13. Paket pekerjaan yang tidak sesuai dengan target rencana:
  14. Rehabilitasi Peningkatan Jaringan Irigasi D.I. Cai

 

2. REKOMENDASI DAN TINDAK LANJUT

Menindaklanjuti hasil kegiatan monitoring pelaksanaan paket pekerjaan fisik pembangunan daerah oleh Bapak Bupati Klungkung yang didampingi oleh Tim Monitoring Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Klungkung dapat direkomendasikan sebagai berikut:

  1. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukinan Kabupaten Klungkung
  2. Rehabilitasi Peningkatan Jaringan Daerah Irigasi D.I. Cai pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukinan Kabupaten Klungkung, agar menindaklanjuti arahan Bapak Bupati Klungkung sebagai berikut:
    1. Pelaksana pekerjaan diharapkan segera melakukan perbaikan pada bagian pekerjaan (dinding senderan irigasi) yang belum sesuai dengan speksifikasi teknis pekerjaan yang tertuang dalam kontrak kerja.
    2. Pelaksanan pekerjaan agar memaksimalkan masa pemeliharaan untuk melaklukan pemeliharan dan perbaikan secara optimal.
    3. Mempercerpat pekerjaan rehabilitasi peningkatan Jaringan Daerah Irigasi (DI) Cai agar pelaksanaan pembangunan dapat segera dimanfaatkan oleh krama subak CAI dan para petani yang memanfaatkan jaringan DI Cai secara maksimal

 

  1. Rehabilitasi Peningkatan Jaringan Irigasi D.I. Giri pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Klungkung Secara umum pelaksanaan pekerjaan sudah selesai dengan hasil pekerjaan baik, dinding senderan  miring mengikuti kondisi existing jaringan irigasi  DI Giri. Bapak Bupati menekankan dan mengingatkan kepada krama subak dan para petani untuk ikut menjaga secara maksimal dan ikut berpartisipasi  memelihara dengan baik sehingga hasil pelaksanaan pembangunan dapat dimanfaatkan dengan jangka waktu yang lama.

 

  1. Pengadaan bahan material dan Sewa Alat dukungan pembangunan jalan lingkar dawan dalam rangka karya bakti kodim 1610 Klungkung.
  2. Paket pekerjaan pengadaan bahan material dukungan pembuatan badan jalan lingkar Dawan Kalod dalam rangka kegiatan bakti karya Kodim 1610, pekerjaan badan jalan lingkar belum selesai secara keseluruhan dan perlu berhati-hati  pada saat hujan agar tidak menghambat proses suplay bahan material karena jalanya masih tanah dan cenderung berlumpur pada saat hujan.
  3. Pengadaan sewa alat untuk pembangunan jalan lingkar dawan dalam rangka karya bakti kodim 1610 pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Klungkung, merupakan satu kesatuan paket pekerjaan dengan pengadaaan bahan material untuk pembangunan jalan lingkar dawan dalam rangka karya bakti kodim 1610. Paker pekerjaan sewa alat berat untuk mendukung pekerjaan jalan lingkar dawan ini sudah beroperasi dan tidak ada kendala yang berarti, hanya saja untuk mengoptimalkan fungsi jalan lingkar dawan, pihak Kodim 1610 meminta agar dilakukan dengan segera pembangunan pelebaran jembatan simantri yang menjadi bagian rute dari jalur jalan lingkar selatan dengan utara untuk memudahkan mobilitas mobil truk baik untuk kepentingan pembangunan maupun kegiatan ekonomi masyarakat

 

  1. Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung
    1. Rehabilitasi Ruang Kelas SDN 1 Bungbungan ( 3 ruang) pada Dinas Pendidikan agar menindaklanjtui arahan Bapak Bupati sebagai berikut :
  2. Memperhatikan perencanaan awal agar ada keselaran bahan yang dipergunakan dalam plaksanaan pembangunan
  3. Agar dilakukan penggantian daun jendela dan kusen yang sudah rusak.
  4. Untuk para pelaksana kegiatan agar di komunikasikan dengan Pengguna Anggaran untuk dapat mempergunakan tenaga kerja lokal dalam pelaksanaan kegiatan pekerjaan.
  5. Untuk bahan-bahan sisa yang masih bisa dipergunakan agar dimanfaatkan kembali oleh sekolah sedangkan untuk barang – barang yang tidak bisa dipergunakan segera di lelang dan dihapuskan agar barang bekas bangunan tidak menumpuk.

 

  1. Pembangunan Ruang Guru SDN 1 Bungbungan pada Dinas Pendidikan agar menindaklanjuti arahan Bapak Bupati sebagai berikut :
  1. Dalam pekerjaan ini Bapak Bupati kembali menekankan untuk memperhatikan perencanaan awal dalam hal penyelarasan bahan bangunan yang dipakai dalam pelaksanan pekerjaan.
  2. Untuk tenaga kerja Bapak Bupati juga menhgharapkan agar mempekerjakan tenaga lokal sehingga nantinya tidak ada kekeliruan dalam hal peran tukang dan buruh, agar jangan sampai tenaga buruh mendapatkan gaji sebagai tukang
  3. Untuk pekerjaan finishingnya agar mendapatkan perhatian jangan sampai hasilnya asal-asalan

 

  1. Rehabilitasi Ruang Kelas SDN 1 Nyalian pada Dinas Pendidikan untuk memperhatikan arahan Bapak Bupati sebagai berikut :
  1. Sama seperti arahan bangunan rehabilitasi yang terdahulu agar memperhatikan perencaan awal dalam penyelarasan bahan bagunan yang dipergunakan
  2. Untuk kedepannya dalam hal pembangunan sekolah agar lebih di modernisasi, karena kedepannya rencananya semua bangunan sekolah agar mempergunakan AC.
  3. Arahan selanjutnya untuk barang bekas bangunan juga kembali ditekankna agar barang yang masih bisa di pergunakan kembali untuk bisa di manfaatkan oleh sekolah dan barang yang tidak bisa dimanfaatkan untuk segera dilakukan lelang dan usulan penghapusan.

 

  1. Rehabilitasi Kantor Administrasi UPTD SPNF SKB Kab. Klungkung (DAK Fisik SKB) pada Dinas Pendidikan untuk memperhatikan arahan Bapak Bupati sebagai berikut :
    1. Untuk kedepannya konsep bangunan di UPTD agar lebih di modernisasi, karena nantinya semua bangunan sekolah agar bisa mempergunakan AC karena itu dikonsepkan dari awal untuk rencana bangunan menggunakan AC harusnya seperti apa agar udara tidak bisa keluar masuk ruangan sehingga penggunaan AC dapat lebih maksimal.
    2. Terkait dengan perencanaan agar bisa dibuat dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan harga penawaran yang bagus, karena nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas pekerjaannya.
    3. Konsultan agar lebih intens dalam brekomunikasi dengan Pengguna Anggaran dalam hal memberikan masukan untuk membuat bangunan yang lebih modern agar kedepannya tidak ada biaya tambahan lagi yang akan dikeluarkan mengingat kalo dari awal konsepnya sudah diatur dengan memperhatikan hal – hal yang detail.
    4. Untuk penggunaan listrik Bapak Bupati meminta agar dipekerjakan khusus satu orang untuk memantau listrik sehingga pada saat tidak dipergunakan listrik bisa dipadamkan sehingga meminimalisir terjadinya konsleting yang bisa menyebakan terjadinya kebakaran.

 

  1. Rehabilitasi Ruang Kelas SMPN 3 Semarapura pada Dinas Pendidikan agar memperhatikan arahan Bapak Bupati sebagai berikut :
    1. Pelaksana pekerjaan agar memperhatikan kualitas bahan yang dipergunakan agar sesuai dengan spesifikasi teknis yang sudah ada dalam dokumen perencaan.
    2. Dinas Pendidikan juga diharapkan untuk menganggarkan biaya pemeliharaan agar ketika nanti ada kerusakan sedikit pada bangunan agar segera bisa diperbaiki tidak lagi menunggu angaran yang akan datang.
    3. Dalam arahannya Bapak Bupati juga menekankan untuk lebih memperhatiakn keselaran bahan yang dipergunakan sehingga hasilnya pun diharapkan akan baik dengan anggaran yang ada.
    4. Ditekankan juga untuk barang bekas bangunannya jika ada bahan yang masih bisa dipergunakan agar di manfaatkan oleh sekolah dan apabila barangnya sudah tidak bisa dipergunakan lagi agar segera di lelang dan dibutkan berita acar penghapusan

 

  1. Rehabilitasi Ruang Lab. IPA SMPN 1 Dawan pada Dinas Pendidikan secara keseluruhan sudah dilaksanakan dengan baik dan Bapak Bupati menekankan kembali untuk memperhatiakn keselarasan bahan plafon yang dipergunakan.

 

  1. Belanja Modal Bangunan Gedung Tempat Pendidikan Pembangunan Gedung TKN Gema Santi pada Dinas Pendidikan agar memperhatikan arahan Bapak bupati sebegai berikut :
    1. Kedepannya diharapkan untuk closet yang dipergunakan menggunakan closet duduk.
    2. Selanjutnya untuk konsep bangunan kedepannya agar lebih dimodernisasi karena nantinya sekolah disarankan untuk mempergunakan AC di dalam ruangan belajar sehingga para siswa dapat belajar dnegan nyaman.

 

  1. Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung

Pekerjaan Pagar Pengaman Jalan dan Rambu lalu Lintas (Rambu Peringatan) di jalur Besang – Manduang dan Manduang – Aan pada Dinas Perhubungan sudah di selesaikan sesuai dengan apa yang direncanakan, pada kesempatan itu Bapak Bupati tidak memberikan arahan apapu karena paket pekerjaan tersebut sudah di selesaikan sesuai dengan spesifikasi teknisnya.

Leave a Comment